Selasa, 03 Mei 2016

Studi kasus:Sistem Informasi Pelayanan Terpadu (Online) yang diterapkan pada PT Jamsostek (Persero)


            
           Studi kasus yang digunakan adalah hasil penelitian pada kantor cabang PT Jamsostek (Persero) di Semarang.Pengumpulan data yang dilaksanakan dari tanggal 1 April 2010-12 Mei 2010  dan dilakukan dengan pengiriman mail questioner ke 121 kantor cabang PT  Jamsostek (Persero) se-Indonesia dengan jumlah kuesioner yang di sebar sebanyak 1210.Analisis data yang dilakukan yaitu uji validitas dan uji reliabilitas yang kemudian disimpulkan dengan menggunakan Uji T dan nilai koefisien yang berfungsi untuk mengetahui korelasi antara suatu factor dengan factor lainnya
            Setelah dilakukan analisis data,dilakukan pengkajian dengan berpatokan pada model kesuksesan  system yang dikembangkan oleh Delone dan Mclean (1992) untuk mengetahui sistem informasi yang dimiliki oleh PT Jamsostek ini. Model ini merupakan model yang sederhana namun menjadi suatu model yang dapat menjadi acuan untuk membuat sistem informasi dapat diterapkan secara sukses di organisasi. Model yang diusulkan ini  dari enam pengukuran kesuksesan sistem informasi, terdiri dari :

  • -          Kualitas sistem (sistem quality)
  • -          Kualitas informasi (information quality)
  • -          Penggunaan (use) atau kualitas pelayanan (service quality)
  • -          Kepuasan pemakai (user satisfaction)
  • -          Dampak individual (individual impact)
  • -          Dampak organisasi (organization impact)
Dan ternyata di PTJamsostek ini sudah diberlakukan  Sistem Informasi Pelayanan Terpadu (SIPT) Online.

Berikut ini adalah beberapa tabel hasil analisis data yang telah dilakukan
*Tabel 1 Hasil Uji T



*Tabel 2 Nilai Koefisien Jalur


  Jadi,kesimpulan dari studi kasus diatas adalah kualitas system tsb berpengaruh terhadap kepuasan pengguna dengan korelasi yang bernilai positif.Maka,semakin tinggi kualitas sistemnya,semakin tinggi pula kepuasan pelanggannya. Kualitas system dapat dikatakan baik ketika memenuhi criteria dapat diandalkan ,dapat diakses langsung ,dan mudah digunakan.Hasil uji T pada kualitas system dan kepuasan pengguna  menunjukkan signifikan pada level 99% (Tabel 1) dan nilai koefisien jalur yang berkorelasi positif (Tabel 2).Jadi sejak diberlakukan SIPT ini membuat pekerjaan menjadi lebih cepat dan akurat serta kualitas sistemnya menjadi lebh baik.Hal tersebut sesuai dengan criteria kualitas system itu sendiri yang dapat diandalkan,dapa diakses langsung,dan mudah digunakan.Pekerjaan pegawai di PT Jamsostek menjadi lebh baik dan berpengaruh positif terhadap kepuasan pengguna dan adanya pengaruh yang signifikan antara kualitas system dengan kepuasan pengguna.
            Semakin  baik kualitas informasi yang dihasilkan,aka semakin tinggi kepuasan pengguna system informasi.Kualitas informasi dibilang baik jika memenuhi relevan serta lengkap. Hasil uji T pada kualitas informasi dan kepuasan pengguna menunjukkan signifikan pada level 99% (Tabel 1) dan nilai koefisien jalur yang berkorelasi positif (Tabel 2).Sejak diberlakukan SIPT Online hasil pengolaha data menjadi cepat selesai dan lengkap serta terhubung pada data yang relevan.
   Semakin baik kualitas pelayanan yang diberikan oleh sistem pelayanan, maka semakin tinggi tingkat kepuasan penggunanya. Hasil uji T pada kualitas informasi dan kepuasan pengguna menunjukkan signifikan pada level 99% (Tabel 1) dan nilai koefisien jalur yang berkorelasi positif (Tabel 2).Dengan menggunakan SIPT Online.Hal ini membuat pelayanan Jamsostek menjadi lebih baik dan meningkatkan kepuasan.
    Pengaruh kepuasan pengguna terhadap dampak individual Hal tersebut ditunjukkan dengan hasil uji T menunjukkan signifikan pada level 95% dan nilai koefisien jalur yang berkorelasi positif. Kepuasan pengguna yang meningkat tersebut menyebabkan kepercayaan pengguna terhadap suatu perusahaan menjadi semakin meningkat.
          Kepuasan Pengguna menjadi salah satu hal utama dalam menunjukkan kesuksesan suatu system informasi.Penerapan Sistem Informasi Pelayanan Terpadu (SIPT) Online PT Jamsostek dipengaruhi oleh kualitas system,kualitas informasi,kualitas pelayanan,dan kepuasan pengguna.Jadi,model kesuksesan Delone dan Mclean (1992) dapat dijadikan factor kesuksesan system informasi yang dimliki suatu perusahaan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar