Manajemen Layanan Sistem Informasi atau yang sering disebut ITSM adalah metode
pengelolaan system informasI yang terpusat pada konsumen layanan SI terhadap
perusahaan dll. Layanan tersebut misalnya produk yang dihasilkan oleh pembisnis
Manajemen layanan system informasi memiliki kerangka kerja yang sama dan
metodologi gerakan perbaikan proses seperti Six Sigma,ERP,dsb) dan umumnya
menangani masalah operasional manajemen system informasi bukan pada
pengembangannya dan apa yang uang menjadi penyedia layanan utnuk mengetahui
layanan yang disediakan ,untuk memastikan bahwa layanan mefasilitasi hasil yang
pelanggan inginkan untuk dicapai,mengelola semua biaya dan resiko yang terkait dengan layanan tsb..Berikut ini
definisi ITSM menurut
Ø Menurut Ivanka Menken ITSM adalah
manajemen dari semua proses yang bekerja sama untuk memastikan kualitas
layanan,sesuai dengan tingkat layanan yang telah disepakati oleh
pelanggan.Seperti inisiasi,desain,organisasi, pengendalian,pengadaan,dukungan
dan peningkatan layanan TI,disesuaikan oleh kebutuhan organisasi pelanggan.
Ø Menurut Michael Wedemeyer (2008) ITSM
dalah suatu IT Service Management yang memiliki kemampuan untuk memberikan nilai kepada pelanggan dalam
bentuk layanan,dan kemampuan itu bertujuan untuk lebih meningkatkan keefektifan
dan efisiensi dalam pemberian layanan kepada pelanggan
Manfaat Manajemen layanan system informasi:
1- Dapat memiliki keunggulan kompetitif
2- Meningkatkan kayanan kepada pelanggan
3- Mengakses lokasi pelanggan yang lebih
besar
4- Sebagai alternative komunikasi ke
pelanggannya.
5- Peningkatan mutu penyediaan
6- Indikator kinerjanya dapat dibuktikan
7- Setiap orang yang terlibat dapat
mengetahui perannya dan tanggung jawab mereka dalam penyedia layanan
-- Untuk menyampaikan dan mendukung
teknologi yang dibutuhkan oleh key business untuk memenuhi tujuan organisasi
9-Belajar dari pengalamannya
-Biaya
kualitas produknya dapat dibenarkan
1-Pelayanan
yang memenuhi bisnis pelanggan dan tuntutan dari user
Dan selain
manfaat terdapat juga peranannya.Maka,peranan Manajenmen Layanan Sistem
Informasi bagi lingkungan adalah sebagai berikut.
1.
- Melayani dengan TI yang berkualitas dan dengan harga yang sesuai dengan keefektifannya.
- Dapat membina kerjasama yang baik antara supplier dan customer dengan memberikan layanan yang terbaik
- Menjaga keseimbangan antara bisnis layanan teknologi informasi sesuai dengan kebutuhan customernya
- Dapat meningkatkan kepuasan customernya terhadap layanan tsb
Tidak ada komentar:
Posting Komentar