Beberapa contoh
pertama dari animasi komputer komersial secara tradisional menggunakan bantuan
komputer. Hal ini bisa dalam bentuk komputer yang memproduksi ”
perantara” atau gambar yang menghubungkan dua inputan yang sama oleh seniman
(sehingga memungkinkan seniman untuk menggambar karakter lebih sedikit).
Komputer animasi pembantu pertama kali digunakan dalam sebuah film
animasi di “The Mouse Detective Besar” Disney pada tahun 1986.
Sebuah adegan dalam film berlangsung didalam jam, dan roda gigi mekanik kompleks benar-benar diberikan dalam komputer sebagai kawat-frame grafis sebelum dipindahkan ke sel, di mana mereka bersatu dengan unsur-unsur lain dari TKP. Teknik yang sama digunakan oleh Disney dalam film kemudian seperti “Beauty and the Beast” (1991), “Pocahontas” (1995) dan “Tarzan” (1999) . · Gerak Kontrol dan Script

Sebuah adegan dalam film berlangsung didalam jam, dan roda gigi mekanik kompleks benar-benar diberikan dalam komputer sebagai kawat-frame grafis sebelum dipindahkan ke sel, di mana mereka bersatu dengan unsur-unsur lain dari TKP. Teknik yang sama digunakan oleh Disney dalam film kemudian seperti “Beauty and the Beast” (1991), “Pocahontas” (1995) dan “Tarzan” (1999) . · Gerak Kontrol dan Script
Animasi komputer
yang paling modern menggunakan sistem kendali gerak yang digunakan oleh
animator untuk memanipulasi pembuatan sebuah objek, dan kemudian
memindahkan obyek telah yang melalui serangkaian pose. Metode ini
menghasilkan gerakan yang akan menghasilkan gambar gerakan akhir. Animasi
gerak kontrol pertama dilakukan dengan sistem scripting seperti ASAS (Aktor
Script Sistem Animasi). Dalam skenario ini, animator adalah seorang programmer
komputer yang menulis kode dalam bahasa komputer untuk menghasilkan sebuah
objek dan memberikan gerakan obyek itu. Sebagai animasi komputer berkembang,
sistem yang lebih interaktif dikembangkan untuk memungkinkan animator untuk
berinteraksi dengan gambar dan benda-benda melalui antarmuka yang lebih
abstrak. Kode sekarang ditulis secara otomatis, berdasarkan masukan yang animator
membuat menggunakan antarmuka visual dan memanipulasi subjek dengan mouse,
keyboard atau perangkat input lainnya. CGI Compositing
Animasi komputer
juga digunakan di tempat teknik yang lebih tua dari film animasi. Sejak adanya
bioskop, unsur-unsur animasi telah ditambahkan kedalam gambar difoto.
Unsur-unsur lain, seperti model atau latar belakang dicat, juga digunakan dan
harus susah payah dipasangkan dengan rekaman live-action. Ini melibatkan proses
optik panjang di mana berbagai elemen yang kembali difoto beberapa kali agar
dapat composited bersama menjadi satu gambar. Karena kompleksitas proses, efek
khusus yang mahal dan jarang digunakan dalam jumlah besar oleh semua tapi film
yang paling tinggi dibiayai.
Komputer citra yang
dihasilkan mengubah semua itu, yang memungkinkan pembuat film untuk menggunakan
layar biru atau hijau untuk memilih bagian dari film yang nantinya dapat dengan
mudah dihilangkan dengan komputer dan diganti dengan gambar dari sumber lain,
baik foto atau sepotong adegan animasi. Komputer compositing animasi bahkan
berfungsi di banyak konsumen tingkat program video editing.
· Motion Capture
Motion capture
adalah jenis animasi komputer yang telah memperoleh banyak minat dalam beberapa
tahun terakhir. Motion capture ini bergantung pada sensor kecil yang
ditempatkan pada karakter di berbagai titik di sekitar tubuh mereka. Para aktor
melakukan dan gerakan mereka ditangkap oleh kamera yang dapat menemukan sensor
dan melacak gerakan mereka. Gerakan ini kemudian dapat ditransfer ke komputer-tokoh
yang dirancang akan bergerak dengan cara yang persis sama seperti aktor
lakukan.
Motion capture
sangat signifikan bagi yang menjembatani kesenjangan antara metode
tradisional pembuatan film dan teknologi baru. Beberapa contoh dari motion
capture termasuk, Gollum di film “Lord of the Rings”,
Tidak ada komentar:
Posting Komentar